Brake assemblies

Gambar 12-30.-Instalasi rem cakram tunggal tipikal. ganti cairan yang hilang. Karena fluida yang melewati poros piston bekerja pada kepala piston yang besar, piston akan bergerak ke atas, memungkinkan katup periksa bola untuk duduk ketika tekanan dalam unit rem menjadi normal. Ketika pedal rem dilepaskan, tekanan dilepaskan dari port inlet, dan pegas balik piston menggerakkan piston dengan cepat kembali ke atas debooster. Gerakan cepat ini menyebabkan sedotan pada saluran ke rakitan rem, menghasilkan pelepasan rem yang lebih cepat.

SISTEM REM DARURAT Pada semua pesawat kecuali yang dilengkapi dengan sistem rem tipe independen, disediakan sistem rem darurat. Pada beberapa pesawat, sistem darurat yang dioperasikan secara pneumatik disediakan. Yang lain memiliki sistem hidrolik cadangan; reservoir hidraulik darurat mempertahankan pasokan cairan hidraulik yang memadai untuk pengoperasian rem secara manual jika tidak ada daya hidraulik yang tersedia. Sistem rem penambah daya, yang dijelaskan sebelumnya, dilengkapi dengan sistem darurat yang dioperasikan secara pneumatik. Sistem darurat terdiri dari T-handle, botol udara tekan, katup pelepas udara, dan pengukur tekanan. Sistem dioperasikan dengan menarik pegangan-T. Ini melepaskan udara terkompresi yang disimpan dalam botol udara. Tekanan udara melepaskan kursi katup antar-jemput di port saluran masuk udara dan menyangga port tekanan hidrolik. Tekanan udara kemudian diterapkan langsung ke rem. Setelah tekanan udara diterapkan, rem hanya dapat dilepas dengan menekan tombol pada katup pelepas udara. Sistem rem harus berdarah setelah menggunakan sistem pneumatik darurat, dan botol penyimpanan udara harus diservis dengan jumlah udara terkompresi kering atau nitrogen. Pengukur tekanan menunjukkan jumlah udara dalam botol, dalam pound per inci persegi (psi).

Brake assemblies

ASSEMBLI BRAKE Tujuan Pembelajaran: Mengenali berbagai jenis rakitan rem. Rakitan rem yang biasa digunakan pada pesawat angkatan laut adalah cakram tunggal, cakram ganda, cakram banyak atau trimetalik, dan rotor tersegmentasi. Jenis cakram tunggal dan ganda lebih umum digunakan pada pesawat kecil; jenis cakram berganda atau trimetal biasanya digunakan pada pesawat berukuran sedang; dan tipe rotor tersegmentasi biasanya ditemukan pada tipe pesawat yang lebih berat. REM SINGLE REM Rem cakram tunggal sangat efektif untuk digunakan pada pesawat jenis kecil. Pengereman dilakukan dengan menerapkan gesekan pada kedua sisi cakram yang berputar – cakram tersebut dikunci ke roda roda pendaratan. Ada beberapa variasi rem cakram tunggal; namun, semua beroperasi dengan prinsip yang sama dan berbeda terutama dalam jumlah silinder dan jenis rumah rem. Rumah rem dapat berupa tipe satu bagian atau terbagi. Gambar 12-30 menunjukkan rem cakram tunggal dipasang pada pesawat terbang, dengan roda dilepas. Rumah rem terpasang pada poros gandar pendarat roda gigi dengan baut pemasangan. 12-35